Senin, 03 Oktober 2016

Angka Bunuh Diri Tinggi, Gunungkidul Lemah Data Lemah Solusi


foto net

Purwanto ST, anggota DPRD Gunungkidul mengatakan, berita tentang warga bunuh diri di daerahnya tiap tahun, tiap bulan, bahkan hampir tiap minggu dan hari menghiasi halaman media massa. Politisi Partai Gerindra ini menyayangkan,  Pemerintah tidak melakukan langkah kongrit untuk menurunkan angka bunuh diri karena lemah dalam pencatatan data.  

“Dinsosnakertrans selaku institusi yang bertanggungjawab secara teknis terhadap masalah sosial seperti ini, bahkan  tidak memiliki data rinci dari tahun ke tahun, berapa ratus warga yang nekad memilih bunuh diri,” kritik Purwanto, Jumat, 30/9/2016.

Padahal menurut Ketua Komisi C,  kenderungan warga bunuh diri itu terjadi sejak tahun 1980-an. Pemerintah, menurutnya justru seperti setuju terhadap deklarasi yang dilakukan media massa, bahwa di Gunungkidul ada  pulung gantung.   

“Itu pemberitaan yang omong kosong,  tidak bisa dipertanggungjawabkan sekaligus tidak memiliki dasar akademis,” tuturnya.

Merujuk data Bagian Operasional Polres Gunungkidul, Purwanto mencatat, tahun 2007, 2008, 2009 angka bunuh diri mencapai 31, 29, serta 27 orang. Dalam kurun 35 tahun mulai 1980-2015 , kata dia, diambil pertahun rata-rata terjadi  25 orang, maka angka bunuh diri di Gunungkidul mencapai 875 orang.

“Itu angka kasar dalam bentuk asumsi, kenyataan bisa lebih bisa kurang. Kelemahan pemerintah, selama ini tidak melakukan pencatan data secara cermat,” ulas Purwanto.

Mati karena bunuh diri tidak bisa dianggap problem sosial yang enteng. Menurut Purwanto, penangannanya perlu dilakukan  lintas sektoral, mulai dari Dinsosnakertras, BPMPKB bekerjasama dengan Kantor Kementrian Agama, juga Polres Gunungkidul.

Lebih jauh Puwanto menjelaskan, mati dengan cara bunuh diri itu bukan takdir, tetapi pilihan  dangkal karena sempitnya ilmu yang ada pada pelaku. Bukan pula ‘pulung’ sebagaimana dilegalkan media massa serta sebagian masyarakat Gunungkidul selama ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...