Selasa, 11 April 2023

BAWASLU GUNUNG KIDUL SEBAR UNDANGAN ANEH


Sebagian Partai Non Parlemen menilai: Bawaslu Gunungkidul nenyebar undangan awneh

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten GunungkIdul mengundang 18 partai politik peserta Pemilu 2024 dan satu institusi media. 

Sekjen Partai Buruh, Leksono Jumeno melihat bahwa undangan yang ditandatangani Ketua Bawaslu Gunungkidul, Tri Asmiyanto, S.PDI tanggal ,10-4-2023 terdapat ketidaklaziman atau keanehan.

"Bahkan bisa dibilang lucu. Di Gunungkidul itu setidaknya ada 20 media. Tetapi yang diundang hanya satu yaitu sorotfunungkidul.co. Awak yang diharapkan hadir sebanyak 10 personil," ujar Sekjen Partai Buruh, Lekso Jumeno, 10-4-2023 sambil tertawa ngakak.

Menurutnya, undangan tersebut keperluannya untuk menghadiri acara publikasi dan evaluasi pengawasan dan penataan Daerah Pemilihan dan alokasi kursi DPRD kabupaten Gunungkidul pada Pemilu Tahun 2024.

Aji Pamungkas, Sekjen Partai Gelora berpendapat, "Sewajarnya, dengan banyaknya institusi media elektronik dan online di Kabupaten Gunungkidul, sangat layak bila awak media atau jurnalis dari institusi-institusi media yang ada, turut diundang juga. Sebagai wujud dari menjaga netralitas, independensi dan integritas bagi lembaga sekaliber Bawaslu di tingkat kabupaten," kata Aji Pamungkas.

Dia menyatakan, apalagi di bulan ramadhan ini, sebagai wujud mengintegrasikan antara lembaga pengawas pemilu, jurnalis dan masyarakat di kabupaten Gunungkidul secara umum.

"Bahkan, ada beberapa perwakilan lembaga pendidikan tinggi yang layak diundang pula, seperti Universitas Gunungkidul dan UNY," imbuhnya.

Ketua Bawaslu Gunungkidul, Tri Asmiyanto dihubungi via telepon menyatakan bahwa 10 personil tersebut adalah tim sorotgunungkidul.co yang melakukan live streaming.

Anggota Bawaslu, Rosita yang berhasil dikonfirmasi menyatakan, bahwa acara tersebut tidak ditangani oleh Bawaslu sendiri.

"Njih karena sebagai panitia kita pasrahkan teknis ke sorot. Utk laporan harus tertulis detail jumlah personil
Mekaten Pak🙏," tulis Rosita melalui WhatsApp, Senin malam 10-4-2023 pukul 19.03 WIB..

Kapan², imbuh Rosita, kita akan adakan giat khusus dengan rekan² media di Gunungkidul.

Liaison Officer (LO) alias naradamping partai politik yang diundang antara lain dari PKB, GERINDRA, PDIP, GOLKAR, NASDEM, PARTAI BURUH, GELORA, PKS, PKN, HANURA, GARUDA, PAN, PBB, DEMOKRAT, PSI, PERINDO, PPP, dan Partai UMMAT.

Mereka diminta berkumpul di Tiwul Kukus, Jalan Gading III, RT 7 RW 3 Gading II, Playen Gunungkidul jam 15.00 WIB hingga selesai, Selasa, 11-4-2023.

(Bambang Wahyu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...