Rabu, 22 Juli 2020

Tiga Faktor Dominan Penyebab Penularan Covid-19 di Gunungkidul

Immawan Wahyudi
WONOSARI, Wakil Bupati Gunungkidul sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 menengarai, bahwa peningkatan jumlah orang  terkonfirmasi positif  karena 3 (tiga) hal.  

Pertama akibat dari 'oleh-oleh' warga yang melakukan perjalan ke kota di luar DIY pada area berstatus zona merah.   

Immawan mencatat, satu warga  melakukan perjalanan daerah zona merah barat yang konfirmasi positif Covid 19 menulari 5 orang. 

Ada juga yang dari daerah zona merah timur  jumlahnya 4 orang, ditambah dari daerah zona merah lain  menulari warga lainnya.  

"Faktor yang paling menonjol adalah 'oleh-oleh' dari perjalanan ke daerah zona merah di luar DIY," tegas Immawan. 

Faktor kedua, penularan karena interaksi satu lingkungan kerja  yang jumlahnya mencapai 5 orang. Itulah dua faktor yang dominan menambah jumlah angka terkonfirmasi positif. 

Faktor ketiga, dari karantina reaktif hasil rapid test  pertengahan Juli  menambah 5 orang. 

"Hal terpenting yang harus dipedomani untuk pribadi dan kekuarga serta lingkungan  adalah berdisiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin, tidak berkerumun, jaga kebugaran badan dengan mengkonsunsi makanan bergizi dan tidak perlu panik tapi jangan menyepelekan pandemi Covid apapun alasannya," demikian pesan Immawan.  

Disiplin, menurutnya  untuk menjaga diri sendiri sekaligus menjaga orang lain dari kemungkinan tertular Covid 19.  

Immawan menambahkan, dari Kadinkes dilaporkan dalam rapat tadi sore (22/7/20), segera akan dilakukan Swab massal untuk 1000 orang lebih. 

Ada kemungkinan dari gerakan swab yang memang diperintahkan Pemerintah Pusat ini akan menambah jumlah walaupun, demikian terang Immawan,.  kita berharap dari swab massal ini tidak ada yang terkonfirmasi positif Covid 19. 

"Terima kasih atas perhatian dan kebersamaannya untuk terus melakukan Gerakan Stop Covid 19 di Gunungkidul," pungkas Immawan Wahyudi.  

(Bambang Wahyu Widayadi)


2 komentar:

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...