Jumat, 10 Juli 2020

Jelang Pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil, di Gunungkidul Ada Jurus Dewa Mabuk

WONOSARI, Semantab apapun, parpol yang telah meraih restu dari DPP masing-masing, terkait Pilkada Gunungkidul, soal konsolidasi internal dinilai masih "compang-camping. Para politisi  sebagian berdialektika dengan gaya dewa mabuk.  

Suharjono, wartawan Sindo Jateng DIY, menangkap sinyal, meski DPC Partai Demokrat telah mengumumkan secara terbuka terhadap dukungan bakal calon Bupati dan wakil bupati Sutrisna Wibawa - Mahmud Ardi Widanto, secara internal soliditas organisasi masih kedodoran.   

"Ada yang menarik, dalam konsolidasi dukungan Demokrat. Kabarnya hanya dihadiri 3 PAC. Apakah dukungan itu hanya diatas kertas saja ya," tanya dia dalam sebuah diskusi tertutup di aplikasi WhatsApp (8/7/20).   

Dr. Supriyadi, dosen yang berdomisili, di Kalurahan Petir, Kapanewon Rongkop merespon,  di manapun pengurus partai akan mengikuti keputusan induk organisasi. Itu kalau tidik ingin dicap indisipliner.   

"Kalau  konsolisasi  basis (non pengurus) biasanya akan mengikuti Tomas dan Opinion Leader di wilayah mereka, karena masih mengikuti kokal wisdom," timpal Dr. Supriyadi.   

Slamet, S. P.d MM mengomentari  SK Penetapan Paslon dengan kemungkinan pecahnya konsentrasi dukungan massa sangat pragmatis administratif.    

"Sing penting cap dan tanda tangan laku untuk mendaftarkan Paslon ke KPU," ujarnya.
   
Bagaimana dengan PDI-P, NasDem, Golkar dan PKB? Setali tiga uang, mereka juga gemetaran dalam hal pasangan bakal calon. 

PDI-P serta NasDem, ibarat pemain kungfu, mereka mengembangkan jurus dewa mabuk, sama-sama menghendaki Mayor Sunaryanta maju bupati.   

Golkar mendadak mengganti Martanti Sunar Dewi bakal calon wakil bupati, meski Gunungkidul-1-nya tetap kukuh pada satu  nama  Mayor Sunaryanta. Hanya PKB yang selama ini hampir tidak pernah mengeluarkan statement.  

Sisi lain, parpol dan  para politisi makin gemetar.  menjelang KPU akan mengumumkan pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati selama tujuh hari mulai tanggal 28 Agustus 2020 sampai dengan 3 September 2020.   

Dilanjutkan, ke loket Pendaftaran Pasangan Calon pada 4 September sampai dengan 6 September 2020.  

Bambang Wahyu Widayadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...