Kamis, 10 Juli 2014

WANITA MISTERIUS ITU BERSAHABAT DENGAN POLISI


Pohon Kesambi, Rumah Eyang Purba. Dok. Bewe


Rambutnya belum juga berubah. Masih hitam legam. Panjang,  sebagian di belakang, sebagaian yang lain tergerai di kanan kiri belahan dada. Wajahnya samar, tapi dari postur dan lekuknya mengisyarakat, dia seorang wanita.
Bayu anggota Satlantas Polres Gunungkidul, yang bertugas di Pos Polisi  Sambipitu sejak tahun 2003, terlalu sering berkomunikasi dengan wanita misterius itu.
Wanita itu pasti muncul saat Bayu ngantuk berat. Demi mejalankan tugas, Bayu tidak pernah tidur di ruang rehat yang memang disediakan. Bayu memilih telentang di kursi tak jauh dari meja yang di atasnya ada  HT dan RIC (radio panggil).
Tak ingat betul kapan peristiwa itu terjadi, Bayu diminta pindah tidur, dari kursi ke falbad. Sepontan Bayu mengucap, “Assalamu alaikum”, dan wanita itupun merespon, “Wa alaikum sallam.”
“Kami sempat berjabat tangan, dan telepak wanita itu dingin,” kata Bayu menuturkan pengalaman misteriusnya.
Wanita itu tidak pernah mengganggu, meski Bayu kadang merinding, saat tanda-tanda kehadirannya tiba.  Pasti tercium bau minyak wangi. Bayu mencoba menkasir,  kira-kira dia berumur 45 tahun.
Menurut literatur dunia lain, usia 45 untuk ukuran manusia berarti 4.500 tahun untuk dunia Jin.
Andang (39) warga setempat menuturkan, berdasarkan cerita dari ulut ke mulut, wanita yang sering menjumpai Bayu itu memang  mesanggrah pada pohon kosambi. Posisinya persis di belakang Pos Polisi Sambipitu.
Wanita tersebut dikenal sebagai Eyang Purba.Tidak begitu cantik, tetapi bersahabat dengan Polisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...