Rabu, 27 Mei 2020

MASA DARURAT COVID-19 DIPERPANJANG HINGGA 30 JUNI 2020

konferensi pera

YOGYAKARTA, Gubernur DIY Sri Sultan Sri Sultan Hamengku Buwono ke-10 memimpin Rapat Kordinasi membahas tindak lanjut Status Tanggap Darurat DIY yang akan berakhir tanggal 29 Mei 2020.  Rapat memutuskan masa darurat diperpanjang sebulan ke depan.

"Forkompinda sepakat, masa tanggap darurat akan ada perpanjangan waktu. Semula tanggal 29 Mei berakhir,  akan kita  perpanjang sampai dengan tanggal 30 juni 2020," ujar Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, di Ndalem Ageng Komplek Kepatihan Jl.Malioboro Suryatmajan Danurejan Yogyakarta, (27/5/20).
Dasar hukum pengambilan kesepakatan,  lanjut Sekda DIY, adalah Keputusan Prediden Tentang Bencana yang tidak ada batas waktunya.

Dasar yang lain adalah kaitannya dengan kondisi kesehatan masyarakat, bahwa penularan Covid-19 masih berlangsung di DIY, walaupun  2 hari terakhir angka penularan adalah nol.

"Tetapi kita belum tahu pasti, ke depan apakah kita bisa tetap mempertahankan tidak ada penambahan posisi. Kita masih memerlukan dasar regulasi  untuk menerapkan kondisi tanggap darurat ini," imbuhnya.

Dalam waktu tanggap darurat, pemerintah tidak hanya bicara tentang kesehatan,  tetapi juga sosial ekonomi sosial.

"Provinsi maupun kabupaten kota saat ini masih dalam rangka untuk meneruskan memberikan bantuan kepada masyarakat dalam bentuk bantuan sosial baik itu bantuan sosial tunai  berupa uang, itu maksud saya, atau yang dalam bentuk sembako dan yang lain. Itu bisa kita laksanakan dengan baik manakala kita menggunakan keputusan tentang tanggap darurat," tetangnya.
Pemerintah akan melihatnya setelah masa perpanjangan ini, agar tepat dalam menghadapi masa new normal. Keputusan rakor dituangkan dala SK Gubernur DIY No. 171/KEP/2020.

Rakor tertutup  berakhir pukul 12.10 WIB, dihadiri antara lain oleh:

-Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X
-Ketua DPRD DIY Nuryadi,S.Pd
-KAPOLDA DIY Irjen Pol Asep Suhendar
-Komandan Korem 072 Pamungaks Kolonel TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.IP., M.M.
-Komandan Lanud Adisucipto Kolonel Pnb Ir. Bob Henry Panggabean
-Komandan Pangkalan TNI AL Letkol Mar Bambang Adriantoro 
-Kepala Kejaksaan Tinggl DIY Dr.Masyhudi,S.H,M.H
-Gubernur Akademi TNI AU Marsda TNI Nanang Santoso
-Kabinda DIY Marsma TNI Rudi Iskandar
-Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti
-Bupati Sleman Sri Purnomo
-Bupati Bantul Drs.H.Suharsono
-Bupati Kulon Progo Sutedjo
-Bupati Gunung Kidul Hj.Badingah,S.Sos
-Sekretaris Daerah DIY Drs. Kadarmanta Baskara Aji 
-Asisten Pemerintahan dan Admninistrasi Umum Setda DIY Drs.Ichsanuri, dan pejabat yang lain.



Bambang Wahyu Widayadi

1 komentar:

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...