Senin, 25 Mei 2020

SEBENTAR LAGI PETERNAK BESAR MASUK GUNUNGKIDUL

Sismana Laode





Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. melalui Ketua Komunitas Kadung Tresna Sismana Laode menyatakan, potensi peternakan sapi  Gunungkidul, bisa dikembangkan menjadi peternakan bersekala besar tanpa mematikan peternak lokal.

"Peternakan rakyat tidak perlu khawatir menghadapi peternak bermodal besar," ujar Sismana Laode melalui aplikasi WhatsApp, Senin (25/5/20).

Sismana Laode menjelaskan, peternakan sapi bersekala besar di samping untuk mencukupi kebutuhan daging dalam dan luar negeri,  adalah untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Menurut Laode tataniaga pengelolaan dan pemasaran sapi bisa diatur dalam sebuah regulasi bersama DPRD, supaya tidak terjadi tabrakan kepentingan antara peternak kecil dengan peternak besar.

Peternakan rakyat, menurutnya bisa diayomi dengan program bapak asuh, terang Laode, sementara pendampingan usaha bisa dilakukan lewat kemitraan kampus.

Ditanya siapa pemodal besar yang mungkin masuk ke Gunungkidul Laode menjawab deplomatis, bahwa profesor memiliki jaringan cukup luas tanpa menyebut nama pemodal yang potensial memasuki Gunungkidul.

Yang jelas, kata dia, Gunungkidul ke depan, khusus bidang peternakan sapi harus lebih maju.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...