Kamis, 06 Februari 2014

DURIAN ORNGE-DURIAN SINTA, HARUM DAN LEGIT


Durian sinta
Daging durian, umumnya putih. Tetapi  yang satu ini lain. Kulit luar kuning, warna daging ‘orange’. Tidak tebal-tebal amat, namun rasanya waouw..... Dan itu hanya ada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Beli di tempat, relatif murah, di banding yang di tepian jalan. Pengin nyoba nggak?

Durian orange, atau mudahnya orang menyebut durian sinta. Batang pohon rekah, banyak cabang. Dari tanah, buah sinta hanya 1,5 m. Umur 5 tahun, durian jenis ini sudah mulai belajar berbuah. Tidak tanggung, lima tahun pertama per pohon bisa produksi 20 hingga 30 biji.

Hal di atas terungkap ketika saya berbincang dengan Pak Yadi (65), petani durian asal RT 06/02, Dusun Karangsari, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, di pekarangan miliknya, Kamis 6/2/2014.

Pak Yadi
Pekarangan Yadi tidak luas, pada sertifikat tanah tertulis 9800 meter persegi. Limabelas tahun silam, Yadi tergerak menanam durian dari berbagai jenis: si petruk, si tokong, termasuk sinta. Kebetulan yang disebut belakangan baru usia 7 tahun. Total tanaman Yadi 300 batang.

Tahun 2013, Yadi panen raya. Per batang rata-rata berbuah 100 biji. Artinya, tahun lalu dia sempat panen durian sebanyak 3000, sementara harga per biji, di tempat Rp 10.000,00. Ya ampun, petani durian bisa meraup kocek Rp 30.000.000,00.

Tahun 2014 produksi turun drastis, Alasannya cukup masuk akal karena curah hujan lumayan tinggi, menyebabkan bunga, bahkan buah mudah banyak gugur. Yadi memperkirakan, panen tahun ini tidak akan lebih dari 1.500 biji.


Sayangnya, Yadi tanam durian sinta baru sebatang, padahal produktifitasnya tak kalah dengan durian jenis lain. Batang yang cenderung merekah, banyak cabang, dari tanah buahnya hanya 1,5 meter, membuat dia bersemangat. Setiap pagi dan sore Yadi keliling kebun, mencari durian runtuh.

Alin dan Abi mencicipi durian sinta
Iseng, ke Pak Yadi, saya menawar durian sinta Rp 10.000,00 per biji. Tanpa ada beban, dia lepas 3 biji untuk saya bawa pulang. Yes...... rasanya lumayan legit. Cucu saya Abi dan Alin maunya gak berhenti ngulum. 

Pohon durian sinta 
Sekira tertarik, tempatnya mudah dijangakau. Yang minat berwisata ke Embung di Puncak Gunung Api Purba, pasti lewat depan rumah Pak Yadi. Dari Kota Yogya, sebelum Jembatan Kalipenthung, belok kiri,  ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke GAP. Posisi selatan Balai desa Nglanggeran, di kiri jalan, ada rimbun pohon buah durian bergelantungan. Mudah terlihat, karena kebun Pak Yadi lebih rendah ketimbang jalan aspal. Gak perlu ragu, boleh coba, dan silakan mampir. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...