Rabu, 04 November 2020

Campursari Klasik Tergerus Jenis Musik Dang Dut

Selama puluhan tahun Campursari klasik yang dibidani mendiang Manthous sang maestro, tetus tergeser oleh musik jenis lain. Hal itu terungkap dalam kesempatan pengukuhan pengurus Forum Campursari (FCKP) Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa, di Pendopo Kapanewon Patuk  Selasa siang, 3 November 2020. 

 Suharto, S.Pd.  dalam sambutan usai FCKP dikukuhkan Penewu, atas nama Forum Campursari Kabupaaten Guningkidul menegaskan, sesungguhnya Campursari Klasik itu telah menjadi salah satu ikon Kabupaten Gunungkidul, tetapi  sejak tahun 2006  Campursari klasik  mulai goyah karena terdesak oleh musik jenis lain.


 Dia memaparkan, pembentukan forum campursari di setiap kapanewon menjadi penting untuk dibentuk dan dikukuhkan, karena Dinas Kundha Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul memprihatinkan perkembangan Campursari Klasik.


 "Sejak tahun 2006, pergeseran itu sudah mulai dirasakan," ujar Guru Bahasa Inggris, SMP Negeri 1, Semanu ini. 


 Jenis musik yang dia sebut menggeser Campursari Klasik adalah penampilan orgen tunggal yang banyak menyajikan lagu keroncong dang dut. 


  Dia menyadari hal itu terjadi karena Babon Campursati Klasik memang merupakan satu kolaborasi dua jenis instrumen musik, yaitu gamelan dan keyboard.


  Jadi menurutnya, meskipun konsumen bermaksud mengundang atau menanggap Campursari Klasik, yang tersaji atau yang hadir cukup elektone, dan satu dua penyanyi, tanpa gamelan  gendang dan yang lain. 


  Siapa yang menginginkan pergeseran itu, menurutnya tidak lain adalah sebagian pelaku Campursari itu sendiri, yang kemudian dikuatkan dengan adsnya selera masyarakat ke arah salah satu genre musik. 


 Sementara itu FCKP yang dikawal  Hepy Budi Kurniawan dikukuhkan oleh Penewu Patuk, R Haryo Ambar Suwardi, SH. 


  Dalam pengukuhannya Penewu Patuk percaya, bahwa Pengusus FCKP bisa mengembangkan Campursari Klasik di wilayahnya.


(Bambang Wahyu Widayadi)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...