Rabu, 11 November 2020

Profesor Sutrisna: Goa Bribin Dikawinkan Dengan Waduk

Kabupaten Gunungkidul memiliki potensi air bawah tanah yang melimpah. Program unggulan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1 di bidang sarana dan prasarana adalah tata kelola air yang profesional sehingga menjadi sumber kemakmuran, demikian papar Artika Amalia dalam debat publik Pilkada putaran terakhir, 10/11/20. 


"Apa yang baru dari kebijakan tata kelola air yang Bapak tawarkan sehingga problem akses masyarakat terhadap air bersih dapat teratasi," tanya moderator Artika Amalia. 

Calon Bupati Nomor Urut 1, Sutrisna Wibawa dalam hal ini menyatakan, kekayaan air bawah tanah itu belum dieksploitasi seluruhnya. Persoalannya adalah bagaimana pemerintah  bisa menaikkan air di bawah tanah kemudian dialirkan ke daerah-daerah yang membutuhkan. Ini, menurut Profesor Sutrisna diperlukan Proyek besar.

Berdasarkan study lapangan, di Tepus ada pipa yang sudah terpasang lama tetapi belum pernah tersentuh oleh air. Menurut Profesor pipa tersebut bisa dimanfaatkan kembali. 

"Atau di daerah Bribin misalnya, kita layak membuat Waduk di atas seperti penampungan air hujan, berikutnya air didistribusi ke wilayah-wilayah yang membutuhkan yang tidak bisa teraliri air dari dalam tanah," terang Profesor Sutrisna.

Salah satu program unggulan dari Paslon Nomor Urut 1 menyangkut bidang pertanian adalah gerakan   mendorong lahirnya petani milenial yang  profesional. 

Pertanyaan moderator kepada Mahmud Ardi Widanto, bagaimana Saudara  merealisasikan program tersebut secara konkrit sehingga  lahir para petani muda yang modern dan profesional.

Tanpa menyebut luasan, Mahmud Ardi Widanto menyatakan, di Gunungkidul pada masa pandemi banyak lahan pertanian baru. Menurutnya itu merupakan harapan baru bagi pasangan Nomor Urut 1. Lahirnya petani milenial akan mempercepat kemajuan Gunungkidul.


(Bambang Wahyu Widayadi)


  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...