Sabtu, 07 November 2020

Wakil Ketua DPW NasDem DIY Membelot


Dalam Pilkada 2020, Pentolan  partai NasDem DIY, Ws Kuncoro tiba-riba berbalik arah, dari mendukung Immawan Martanty ke Sunaryanta Heri Susanta. Konsekuensi poilitik, Ws Kuncoro diberhentikan dari jabatan Wakil Ketua. 


 Di kator Sekretariat Bersama Pemenangan Sunaryanta Heri Susanta Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 4, Ws Kuncara memberitahukan bahwa telah mengundurkan diri dari anggota sekaligus kepengurusan DPW NasDem DIY.


  Dia telah mengirim surat pengunduran diri kepada DPP Partai NasDen tertanggal 3 November 2020 lalu, melalui pesan WhatsApp.


   "Saya  realistis. Kalau saya mendukung calon di luar yang diusung partai itu artinya saya berdosa dengan partai.  Jadi saya memilih meninggalkan jabatan Wakil Ketua, dan mundur dari keanggotaan  NasDem," tutur Ws Kuncara kepada sejumlah awak media Kamis (5/11/2020). 


  Keputusan tersebut diambil setelah dia menyaksikan 2 kali debat publik calon Bupati maupun calon Wakil Bupati Gunungkidul pekan lalu. Ia mengibaratkan pasangan Sunaryanta-Heri Susanto seperti Soekarno-Hatta. 


 Sunaryanta  orangnya rajin turun lapangan sedangkan wakilnya seorang teknokrat. Menurutnya, perpaduan karakter tersebut  tidak dimiliki oleh pasangan calon lain. 


  Sunaryanta dianggap  lebih paham dengan kondisi Gunungkidul  sehingga Sunaryanta bakal menjadi pemimpin yang cepat dalam mengambil keputusan.  


 Ws Kuncara juga menilai bahwa Sunaryanta dan Heri Susanta merupakan pasangan yang ideal dan diyakini paling realistis. Alasan itulah yang kemudian membuat dia mantab untuk mendukung pasangan nomor urut 4.  


 "Sebagai orang Gunungkidul saya mempunyai tanggung jawab moral terhadap bumi Handayani. Pilkada 2020 adalah kesempatan bagi masyarakat termasuk saya untuk mengubah Gunungkidul menjadi baik," tegas Ws Kuncara.


   Ratno Pintoyo,  Ketua Tim Pemenangan Sunaryanta  Heri Susanto, menerima dengan baik atas bergabungnya Ws Kuncara.


     "Pak Kuncoro runtut,  sebelum menyatakan bergabung dengan kami sudah mengundurkan diri dari partainya. Tentu saja  ini kami memperoleh tambahan kekuatan" kata Ratno Pintoyo.


   Terkait membelotnya Ws Kuncara, Subardi, Ketua DPW NasDem DIY menyatakan, resikonya Ws Kuncoro dicopot dari keanggotaan NasDem oleh DPP. 


  Di NasDen, terang Subardi, tidak ada ruang  bagi politisi oragmatis. Sikap yang diambil Ws Kuncara tidak menggambarkan keretakan NasDem di Dunungkidul.


(Bambang Wahyu Widayadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...