Jumat, 12 Agustus 2016

‘Arwah Gagasan’ Presiden RI ke II Soeharto Bangkit di Badung



I Ketut Suiasa di tengah warga. foto fajar bali

Di penghujung kejayaan kekuasaannya, Soeharto Presden RI Ke II meluncurkan program ‘Bangga Suka Desa’. Di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono kemudian dilanjutkan  rezim Presiden Joko Widodo. Pemerintahan paling pelosok diproteksi dengan Undang-Undang Desa.

Secara nasional, program ‘Bangga Suka Desa’ (Membangun Desa Suasana Kota) gagasan Soeharto itu telah dilupakan, tetapi salah satu daerah masih ada yang mencoba ‘memetri’ warisan penguasa Ode Baru tersebut. Tidak keliru, karena hal tersebut merupakan bagian integral dari Nawacita Presiden Joko Widodo.

Bupati Badung, Propinsi Bali, melalui wakilnya, I Ketut Suiasa, di tengah masyarakat Sanur mengatakan, Indonesia perlu membagun Desa Suasana Kota. Nuansa pemerintahan Orde Baru dibangkitan ulang dengan landasan hukum UU Desa dengan bumbu atau visi Nawacita.

Tidak keliru, karena hal tersebut merupakan bagian integral dari Nawacita Presiden Joko Widodo. Sukarnoist dan Soehartois rasanya masif menyatu dalam roh Nawacita ke 6.

Dalam praktek, perepan pembagunan infrastuktur menjadi bagian dari prioritas pembangunan Desa Suasana Kota. I Ketut Suiasa menyebut, hal ini sekaligus untuk menangkal gejolak urbanisasi yang makin tidak terkendali.

Dengan melengkapi infrastrutur outputnya nuansa kota bakal segera dinikmati warga desa. Menurutnya, ini merupakan impian pembangunan yang digadang-gadang.  

Pemerintah Daerah Kabupaten Badung demikian responsif. Langkahnya tidak hanya visioner, tetapi sangat kongkret berpihak penuh kepada rakyat desa. Bagaimana Pemda Gunungkidul? Soal konsep pembagunan infrastruktur desa, ketinggalan jauh dengan Badung. Artikel ini sebelumnya diunggah di swarawarga, dengan perubahan judul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...