Sabtu, 27 Agustus 2016

CAMAT TAK SERIUS, PENGISIAN PERANGAKAT POTENSI KISRUH



Sarmidi. dok pribadi

Komisi A menyatakan jengkel terkait dengan pengisian perangkat desa tahun 2016. Desa Puwodadi Kecamatan Tepus baru saja dilerai, muncul di Semoyo, Kecamatan Patuk. Semoyo belum terselesaikan, Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari menyusul.

“Yang salah itu Perda dan Perbubnya, atau memang aparat Desa dan Kecamatan yang tidak mampu menterjemahkan aturan, Komisi A sedang melakukan telaah,” ujar Sarmidi Politisi PAN, Jumat petang, 26/8/2016.

Dari beberapa temuan, menurut anggota Komisi A yang mantan Kades ini, rata-rata dalam melaksanakan tugas, Panitia Penguji di bawah kendali Kepala Desa tidak tranparan. Mereka menafsirkan aturan menurut kemauan dan pemahaman pribadi.

“Di samping itu, Camat yang diberi kewenangan untuk mengawasi proses pelaksanaan pengisian perangkat desa, sebagaian tidak melakukan tugas dengan semestinya,” imbuh Sarmidi.

Sekedar menunjuk bukti, lanjut Sarmidi, Desa Pilangrejo kondisinya relatif terkendali, tidak terjadi masalah. Menurut informasi yang dia terima, ketika prosesi pengisian perangkat, Camat Nglipar proaktif. Hal serupa terjadi di Kecamatan Ngawen.

Patut disinyalir, kata Sarmidi, untuk Tepus, Patuk dan Wonosari, kurang dipedulikan Camat. Akibatnya, hasil seleksi menuai kisruh dan protes.

“Terjadi kisruh pengisian perangkat desa yang bermunculan saat ini, pertama,  karena Panitia tidak transparan, sekaligus overleping menafsirkan aturan berdasarakan pemahaman pribadi. Kedua, Camat tidak mampu bekerja sesui tugas,” simpulnya.

Mumpung perbaikan Raperda soal pengisian dan pengangkatan perangkat desa belum ditetapkan, menurut Sarmidi, kalau memang tidak mampu, maka kewenangan Camat dihapus, dikembalikan ke Bagian Pemerintahan Desa.

Dalam waktu dekat, kata dia, Komisi A akan memanggil 18 Camat, untuk dimintai keterangan sesuai kewenangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...