Minggu, 14 Agustus 2016

Endah S Kuntariningsih: Aku Nyaman Dengan Politik Sego Abang



 
Endah Subekti Kuntariningsih. foto Bewe
Gagal menjadi Wakil Bupati Gunungkidul, Gagah menjadi Bupatinya Partai Banteng Moncong Putih 18 Kecamatan. Itulah Endah Subekti Kuntariningsih Ketua DPC PDIP Kabupaten terluas di DIY. Kristalisasi dari perjalanan politinya dia rakit dalam semangat Politik Sego Abang.
Menurutnya, menjadi Bupati warga PDIP se Gunungkidul itu patut disyukuri. Ada kebanggaan yang tidak mudah untuk diceritakan kepada publik.
“Paling tidak, melihat ketua-ketua PAC sregep koordinasi serta rajin membuat laporan perkembangan PDIP di masing-masing wilayah yang menjadi tanggungjawabnya, merupakan kemajuan yang patut diapresiasi,” ujarnya Minggu, 14/8/2016.
Kerja 18 Ketua PAC dan jajarannya itu relatif membanggakan. Endah menggabarkan, rasa bangga itu sangat sederhana. Dia menyamakan mendapat punjungan ‘sego abang’ (nasi merah) komplit dengan lauk-pauk pada musim rasulan tahun ini.
“La piye to, saya lagi puasa ngrowot, tida makan nasi, e.. sama temen dekat serta tetangga ujug-ujug dipunjung sego abang. Rasanya lego banget, meski tidak harus mencicipi,” kelakar dia menggabarkan nuansa bangga yang yang dia rasakan.
Politik sego abang, kata dia, seperti sebaris nyanyian yang dilantunkan Ebit GAD, cinta itu tidak harus memiliki. “Artinya apa? Cinta kepada Gunungkidul tidak harus formal menjadi Wakil Bupati,” demikian Endah merefleksikan perjalanan politiknya.
“Menjadi Bupatinya PDIP yang bisa menggerakkan organisasi secara optimal dengan kerja keras, itu lebih dari cukup. Politik Sego Abang dikolaborasi dengan Politik Godong Kates (iso gawe lego) kepada PAC, Ranting sampai Anak Ranting itu termasuk jos,” tandasnya.
Kiprah Endah Subekti dewasa ini memang sedang membumi. Dia adalah satu-satnya politisi perempuan yang doyan bertani. Tangan dia dibantu kader-kadernya sedang gigih membuat demonstrasi plot tanaman lombok ijo.
Sementara publik menafsir, Endah Subekti sedang ancang-ancang pilkada berikutnya dengan Politik Sego Abang, Politik Godong Kates serta Politik Lombok Ijo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...