Kamis, 11 Agustus 2016

Cincau Mengurangi Penyumbatan Pembuluh Darah



Cincau hijau. dok bewe

Cincau Hijau, tumbuhan merambat yang banyak dipiara warga di pedesaan, ternyata tak sebatas untuk minuman segar. Dari berbagai penelitian, cincau hijau atau Cyclea barbata Miers  bermanfaat sebagai antioksidan serta antibiotik.

Yunahara Farida, akademisi Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Jakarta dalam sebuah penelitian mendeskripsikan bahwa cincau hijau merupakan salah satu jenis tanaman yang secara tradisional oleh masyarakat banyak dimanfaatkan sebagai obat.

Dia menyebut, perasan cincau hijau biasa digunakan untuk mengobati diare, batuk, gangguan pencernaan dan anti hipertensi. Selain itu, lanjut Yunahara Farida, cincau hijau diketahui memiliki aktivitas antioksidan, sehingga ada potensi sebagai penangkal kanker.

Seorang pemerhati asupan herbal  menambah penjelasan di blog deherba.com, lengkap dengan sejumlah paparan yang cukup rinci terkait dengan manfaat cincau hijau.

“Menjadi berguna sebagai obat, sepanjang saat mengkonsumsi tidak dicampur gula dan santan, dimakan dalam formula tawar,” tulisnya di deherba.com baru-baru ini.

Kelebihan cincau hijau. berdasarkan hasil riset Departemen Gizi dan Masyarakat Institut Pertanian Bogor, memiliki kandungan klorofil tertinggi dibanding daun murbai serta daun pegagan.

Ditambakan lebih rinci, klorofil dalam cincau hijau memang berfungsi sebagai anti oksidan. Ketika masuk ke tubuh, klorofil mudah meresap dalam darah, sebab klorofil mempunyai struktur molekul yang menyerupai haemoglobin. Klolrofil memasok sejumlah elekron yang pada gilirannya mampu menangkal radikal bebas.

Mafaat berikutnya, cincau hijau juga berfungsi sebagai antibiotik. Penjelasannya, ekor molekul klorofil memeliki sifat hidrofobik  (takut air), sehingga terlalu sering mengangkat zat polutif dari dinding sel. Zat yang diangkat tersebut bisa berupa bakteri, parasit, virus, bahan pewarna makanan,serta obat-obatan. Dengan terangkatnya sejumlah zat polutif, maka sumbatan dalam pembuluh darah bisa terkurangi. 

Artikel ini diunggah juga di infogunungkidul dengan tajuk yang berbeda 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...