Selasa, 09 Agustus 2016

Menangkap Bunga Desember Yang Mekar di Bulan Agustus



 
bunga desember kekar 5 agustus 2016, telat opname, sehingga bunga tidak lagi utuh
Anomali (penyimpangan) musim diikuti serentetan gejala alam yang nyleneh pula. Blood Lily demikian orang Eropa menyebut untuk jenis bunga Desember, tidak lagi bisa digunakan sebagai pertanda, bahwa musim hujan segera tiba.

Ujiek, warga Patuk, seorang ibu rumah tangga pengamat tanaman hias menyebutkan, bunga desember biasa mekar di bulan November atau Desember. Saat  ini tidak, Agustus awal pun, bunga tersebut bisa dan mau mekar.

“Agak berlainan dengan amarilis, meski diperlakukan dengan cara yang sama, bunga amarilis mekar tepat pada waktunya. Belum pernah saya temukan amarilis mekar di bulan Agustus,” tuturnya, Selasa, 9/8/2016.

Ada beberapa rumpun bunga desember yang dibiarkan tumbuh liar dipekarangan Ujiek, termasuk amarilis, satu di antara bunga Desember itu berbunga. “Sayang sekali saya telat mengabadikan, sehingga bunga yang bulat berjejaring itu mulai tidak utuh lagi,” imbuhnya.

 Dari berbagai literatur yang pernah Ujiek pelajari, ujar ibu satu anak ini melanjukan paparan, bunga Desember yang nama latinnya Haemanthus Mulyiflorus bermanfaat sebagai penyembuh luka bakar.

Umbi tumbuhan ini banyak mengandung saponin, flavonoida, serta polifenol. Jika umbi diparut kemudian dtempel atau dioles pada bagian tubuh yang terbakar, luka akan cepat sembuh.

“Umbi bunga Desember, aktif membasmi kuman penyebab infeksi,” jelasnya, tanpa menyebut referensi medis.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...