Rabu, 08 Maret 2023

"ADUS BANYU BENING" KAMIS PON 2023



Pada era Orde Baru, dalam membentuk manusia seutuhnya, diberlakukan Penataran Penghayatan dan Pengamalan Pancasila. Soeharto lengser, program itu pun selesai.

Di era reformasi muncul program penyebarluasan sistem empat pilar, banyak buku dicetak tetapi tidak dijadikan pedoman oleh masyarakat.

Al Qur'an pertama kali diturunkan di Gua Hira, sebelah utara Mekkah pada 17 Ramadhan 610 M.

Selama periode Mekkah, umumnya ayat yang diturunkan berisi akidah (paham terkait keimanan) dan tauhid (dasar ajaran agama Islam). 

Pada periode itu terdapat 86 surat yang diturunkan selama 12 tahun lima bulan.

Sampai hari Kiamat Al-Qur'an menjadi tuntunan bagi umat Islam. Tidak lekang karena panas, dan tidak lapuk karena hujan.

Tetapi ada yang tidak dimengerti oleh bsnyak orang, yaitu petunjuk adanya penjahat yang berkeliaran di sekelilingnya. 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, "Dan demikianlah pada setiap negeri Kami jadikan pembesar-pembesar yang jahat agar melakukan tipu daya di negeri itu".(QS. Al-An'am: Ayat 123).

Setiap tahun (pada bulan Ramadhan) Allah membuka ruang bagi para penjahat. Mereka diberi kesempatan membersihkan diri dari segala macam kotoran. 

Penjahat yang beriman akan memperoleh ampunan berupa kemenangan, kenikmatan, dan petunjuk lurus seperti umat terdahulu, setelah sebulan mereka berpuasa.

Dalilnya nyata, "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS. Al-Baqarah :Ayat 183).

Puasa, dalam terjemahan bebas merupakan katarsis atau pencucian diri, "ADUS BANYU BENING."

(Bambang Wahyu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...