Rabu, 01 Maret 2023

RAKYAT DIDORONG GEMAR KONSUMSI IKAN, DAYA BELI LOYO

Ika Nur Putrantini (INP) S.Pi., M.Sc., M.Ec.Dev. mengajak warga Gunungkidul untuk membiasakan diri gemar makan ikan (GEMARIKAN). Tidak cukup diajak, perlu pula difasilitasi.

INP adalah narasumber dari Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Yogyakarta, Kementrian Kelautan dan Perikanan. Dia melakukan sosialisasi GEMARIKAN yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY.

"Berempat di Kalurahan Semin, Kapanewon Semin sosialisasi GEMARIKAN diikuti 100 orang lebih," ujar Purwanto, ST anggota DPRD DIY yang mendampingi Ika, 1-3-2023.
      peserta gemarikan 

Mengkonsumsi ikan seperti dijelaskannya, bisa menekan angka stunting, dan gizi buruk.

"Dan masyarakat yang gemar makan ikan memiliki umur harapan hidup lebih panjang dibanding yang kurang dalam mengkonsumsi ikan," terangnya. 

Dia memaparkan alasannya bawa di dalam minyak ikan ada asam lemak tidak jenuh Omega 3 yang disebut eikosapentaenoat (EPA) dan dakosaheksaenoat (DHA).

Keduanya terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol, trigliserida dan lipoprotein darah.

Mengutip beberapa sumber, gemar mengkonsumsi ikan membuat ritme kerja jantung menjadi teratur, sehingga menghindari kemungkinan serangan jantung.

Sosialisasi GEMARIKAN di kelurahan Semin itu berjalan lebih kurang satu setengah jam, dipandu Ichwan Mulyana anggota DPRD Gunungkidul.

Kementrian Kelautan dan Perikanan akhir tahun 2021 merilis bahwa masyarakat DIY tergolong rendah dalam hal mengkonsumsi ikan.

"Angka konsumsi ikan 2021 menurut data Kementrian Kelautan dan Perikanan adalah 34,74 kg / kapita," pungkas Ika Nur Putrantini. 

Sejumlah pengamat merespon, masyarakat tidak cukup didorong GEMARIKAN tetapi perlu difasilitasi supaya mereka ringan dalam hal memperoleh ikan. 

"Alasannya jelas, kemampuan atau daya beli relatif rendah. Ikan salmon yang banyak mengandung EPA dan DHA harganya tidak bisa dibilang murah," timpal pengamat. 

(Bambang Wahyu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...