Senin, 15 Juni 2020

Buah Pisang Disebut Sekali Dalam Al Qur'an, Tokoh Gunungkidul Sungkan Berkomentar

WONOSARI, Al Qur'an terdiri atas 30 jus,  114 Surat. Buah pisang disebut sekali dalam Surat Al-Waqi'ah (Hari Kiamat) pada ayat ke 29. Diminta komentar, sejumlah tokoh di Gunungkidul memilih diam.

Tidak banyak yang memperhatikan,  bahwa telah dilakukan penelitian, fakta menunjukkan, buah pisang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dihimpun dari berbagai sumber, pisang mengandung tiga gula alami: sukrosa, fruktosa dan glukosa yang terkombinasi dengan serat. Buah pisang, tulis penelitian tersebut, memberi dorongan instan pada pecernaan secara berkelanjutan dan memadok energi substansial. 

Menurut survei yang dilakukan  MIND, diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah menfkonsumsi pisang. 

Hal itu terjadi karena pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, menyebabkan tubuh menjadi relax, memperbaiki suasana hati (mood) dan secara umum akan membuat seseorang merasa lebih nyaman.

Pisang bermanfaat untuk berbagai penyakit di antaranya berguna bagi penderita diabetes, anemia, tekanan darah tinggi, menambah kemampuan otak, mengatasi embelit, obat mabuk, mulas dan dakit perut, mual di pagi hari, igitan nyamuk, penenang syaraf, penderita obesitas, luka lambung, kontrol suhu, para perokok, ztroke serta penghilang kutil.

Sejumlah tokoh Gunungkidul diminta memberi pencerahan terkait buah pisang, sementara mereka menolak memberikan respon.

Dokter Dewi Irawati, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, termasuk salah satu yang enggan berkomentar.

"Dalam hal ini saya bukan ahlinya," ujar dr. Dewi Irawati," (15/6/20).


Bambang Wahyu Widayadi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...