Selasa, 23 Juni 2020

NEW NORMAL DALAM SILANG TAFSIR

YOGYAKARTA, Peran  media  massa dan masyarakat sipil dalam menterjemahkan konsep New Normal adalah sangat penting. New Normal menjadi menarik ketika muncul silang tarsir di kalangan masyarakat. Di dalam konsep New Normal setidaknya ditengarai adanya kebenaran setengah-setengah. Kebenaran yang separoh-separoh itu bahkan lebih berbahaya ketimbang kebohongan. Suatu kebohongan dapat disadari pada titik tertentu, tetapi kebenaran yang separoh-separoh  akan menyesatkan untuk waktu yang panjang, tulis Anurag Shourie, Half A Shadow.

Hal di atas merupakan topik diskusi Selasa, 23 Juni 2020, pukul 13:30 -16:00 WIB yang bakal digelar secara virtual oleh Webinar Sejajar.

Apa jadinya ketika narasi Pemerintah tentang New Normal mengalami silang tafsir? Ketika khalayak sulit memahami narasi ini, maka ia menjadi kebenaran separoh-separoh yang berbahaya.

Silang tafsir mendorong keputusan, kebijakan, dan arahan yang juga simpang siur, dan memicu perilaku publik yang berisiko tinggi.

Sementara itu, taruhannya adalah hidup dan matinya orang banyak. Apakah ini semata-mata masalah kesenjangan komunikasi massa? Lantas apa imbasnya pada perilaku berisiko tinggi pada sisi publik?  Dan apa peran masyarakat sipil sebagai salah satu pilar Pentahelix?

Sejumlah pertanyaan di atas akan terjawab dalam diskusi yang dimoderatori 
Puji Pujiono (Senior Advisor, Pujiono Centre) dengan Keynote Speaker 
Achmad Yurianto (Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19)

Selebihnya dihadirkan dua pembicara, masing-masung Ahmad Arif (Penulis Harian Kompas), dan  Irna Gustiawati (Pemred Liputan 6.com)

Tidak ketinggalan dua penanggap: Gilang Parahita (Pakar Komunikasi Massa, UGM) serta Dian Rosdiana (Sekjen Asosiasi Antropologi Indonesia).

Keterangan & konfirmasi: ada di di tangan Siti Istikanah (wa.me/62818119227).

Registrasi dibuka sampai Selasa, 23 Juni 2020, pukul 12:00 WIB. Peminat bisa melakukan registrasi lewat https://bit.ly/webinar15sejajar. Dalam diskusi disiapjan Juru Bahasa Isyarat, Tautan, Meeting ID, dan Password Zoom akan dikirim ke email peserta telah melakukan registrasi.

Bambang Wahyu Wijayadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...