Jumat, 09 Oktober 2020

Mengamankan APK Agar Tidak Hilang Atau Dirusak Orang


Alat peraga kampanye (APK) hilang dan kemungkinan memang sengaja dirusak atau dihilangkan, dalam pesta demokrasi adalah biasa. Itu lagu lama, alias nyanyian emosional yang selalu terdendang, karena satu kebodohan. Ada solusi sederhana, agar APK tidak dijahili orang. Ini masukan untuk empat tim Paslon Bupati Gunungkidul 2020.  

 

Menghadapi orang-orang bodoh, tidak perlu emosi. Tim pemilik  APK  yang rusak, dirusak, atau dihilangkan harus berfikir super cerdas. 


Danang Ardianto, salah satu tim pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Sunaryanta - Heri Susanta, tidak yakin Bawaslu bisa menemukan perusak APK, meski itu dilaporkan secara bertubi-tubi.


"Gak mungkin ketemu," kata Danang Ardianto dalam komentarnya di salah satu grup WhatsApp, mengomentari raibnya rontek Immawan Wahyudi, di Semanu beberapa waktu lalu. 


MH Mudi Lestari,  pegiat perempuan yang jarang ngomong politik pun harus nimbrung bicara, agar APK aman. Dia menjamin selama 40 hari masa kampanye Pilkada 2020, tidak ada rontek, banner, atau spanduk yang cacat. 


"Caranya sederhana. APK diawasi, dijaga siang malam oleh petugas partai," ucap MH Mudilestari, tidak haya berseloroh, (9/10/20).  


Logika yang dia mainkan, pilkada 2020, yang di dalamnya ada tahapan kampanye itu dibiayai oleh masing-masing kontestan. 


Itu sebabnya, terang Mudilestari, KPU meminta masing-masing tim pasangan calon mendaftarkan besaran dana kampanye yang digunakan.   


"Petugas penjaga APK bisa dibayar dari anggaran yang memang sudah disediakan. Selesai toh? Mengapa harus ribet dan ribut," tegas Mudi Lestari.    


Dia tahu, tim pasangan calon bakal mengeluh, karena anggaran kampanye pasti membengkak. Menurutnya itu resiko.

 

Kalau keberatan, kata dia, APK raib, ya gak usah mencak-mencak. Dia menunjuk, pada Pileg 2019, pengrusakan banyak terjadi. Pemiliknya cukup memasang  dengan APK yang baru.


(Bambang Wahyu Widayadi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda

DHANDHANG-GULA NALISIR

Siji Gunungkidul  ing mangsa kawuri  Alas wingit 'king tebih sinawang Sato galak panunggune. Jalma nerak keplayu Asri wana caketing ati ...